Lompat ke konten

Perbedaan Pernikahan Adat Jawa dan Sunda: Seru, Unik, dan Penuh Makna

Perbedaan Pernikahan Adat Jawa dan Sunda: Seru, Unik, dan Penuh Makna dalam kesempatan ini Jagarasa Wedding Organizer akan membahas mengenai artikel Pernikahan di Bogor.Hai teman-teman! Bagi kalian yang sedang merencanakan pernikahan, pasti ingin mencari konsep yang unik dan berbeda, bukan? Nah, kali ini kami akan membahas perbedaan pernikahan adat Jawa dan Sunda menurut Jagarasa Wedding Organizer Bogor. Yuk, simak!

Pernikahan adat Jawa dan Sunda memiliki keunikan dan kekayaan budaya tersendiri. Mulai dari adat istiadat, tata cara, hingga simbol-simbol yang digunakan, semuanya memberikan nuansa yang berbeda dan menarik.

Pernikahan Adat Jawa

Perbedaan pertama terletak pada tata cara pernikahan. Pernikahan adat Jawa biasanya dimulai dengan acara siraman, yaitu ritual mandi bersama keluarga dan kerabat dekat. Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi midodareni, yaitu acara tahlilan dan doa bersama. Kemudian, pada hari pernikahan, dilaksanakan upacara adat seperti panggih, siraman, dan akad nikah.

Tidak hanya itu, pernikahan adat Jawa juga dikenal dengan tradisi sungkeman, yaitu saling memberi hormat dengan membungkukkan badan dan mengucapkan kata-kata pujian. Selain itu, dalam pernikahan adat Jawa juga terdapat tradisi seserahan, yaitu pemberian hadiah dari pihak pengantin pria kepada pengantin wanita sebagai tanda keseriusan dan rasa sayang.

Pernikahan Adat Sunda

Sementara itu, pernikahan adat Sunda memiliki ciri khas yang berbeda. Acara pernikahan adat Sunda biasanya dimulai dengan acara ngarak pengantin pria, yaitu prosesi pengantin pria bersama keluarga dan kerabat menuju rumah pengantin wanita. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara panggih, yaitu pertemuan kedua mempelai di hadapan kedua orang tua.

Salah satu perbedaan utama pernikahan adat Sunda adalah adanya acara seserahan, yaitu pemberian hadiah dari pihak pengantin wanita kepada pengantin pria sebagai tanda keseriusan dan rasa sayang. Selain itu, dalam pernikahan adat Sunda juga terdapat tradisi nincak endog, yaitu tarian khas yang dilakukan oleh para pengantin.

Baca Juga  Paket Lamaran Lengkap dari Jagarasa Wedding Organizer Bogor

Kesimpulan

Jadi, teman-teman, itulah perbedaan pernikahan adat Jawa dan Sunda menurut Jagarasa Wedding Organizer Bogor. Keduanya memiliki keunikan dan kekayaan budaya tersendiri yang patut diapresiasi. Jika kalian sedang merencanakan pernikahan, jangan ragu untuk memilih salah satu dari kedua konsep ini.

Ingat, pernikahan adalah momen yang sakral dan berharga, jadi pastikan kalian merencanakannya dengan baik dan sesuai dengan keinginan kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang merencanakan pernikahan. Selamat menikah!

Pernikahan Bogor
Pernikahan Bogor

Itulah kiranya pembahasan mengenai perbedaan pernikahan adat jawa dan sunda: seru, unik, dan penuh makna yang termasuk dari kategori artikel pernikahan di Bogor. Buat kamu yang sedang mencari Paket Pernikahan Bogor bisa langsung hubungi Jagarasa wedding Bogor di nomor 0821-65444240 (call/whatsapp)

Selain artikel perbedaan pernikahan adat jawa dan sunda: seru, unik, dan penuh makna ini kalian bisa temukan Paket Pernikahan Lengkap bogor dan juga artikel Jagarasa.id lainnya seperti Umur yang Pas untuk Menikah Menurut JagaRasa Wedding Organizer Bogor, 7 Tips Mengumpulkan Uang untuk Menikah ala Jagarasa Wedding Organizer Bogor, Posisi Duduk yang Nyaman dan Gaya Saat Resepsi Pernikahan dan Perbedaan Gaya Pernikahan di Bogor dan di Jakarta: Pandangan Jagarasa Wedding Organizer yang bisa menjadi referensi kamu yang ingin menikah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp